Jumat, 10 Februari 2012

LAPTOP


Secara keseluruhan laptop dan PC (Personal Computer) desktop sangatlah mirip. Mereka memiliki dasar perangkat keras (hardware) yang sama, juga software dan sistem operasi yang sama. Perbedaan utamanya adalah bagaimana cara komponen-komponen tesebut dikemas dengan ringkas.

Sebuah komputer desktop memuat motherboard, video card, hard drive dan komponen lainnya dimasukkan kedalam sebuah kotak besar. Monitor keyboard dan periperal lainnya disambungkan menggunakan kabel maupun wireless. Baik kotak itu berdiri secara vertikal maupun horisontal, memerlukan ruangan lebih banyak untuk penambahan card, kabel dan sirkulasi udara.

Oleh karena desainnya yang berbeda ini, dan kemampuannya dalam mobilitas komponen-komponen laptop harus memiliki syarat:
Ringkas untuk dapat dimampatkan pada ruang yang kecil.
Hemat energi
Menghasilkan panas yang lebih kecil dari pada komponen pada komputer desktop. 

Beberapa laptop menggunakan komponen-komponen dari CPU desktop yang di set untuk bekerja pada clock speed yang lebih rendah. Meski hal ini dapat meningkatkan performa, namun laptop ini sering berjalan dengan panas yang berlebihan dan secara segnifikan mengurangi masa pakai baterai. 

Layar laptop kebanyakan menggunakan layar LCD. Kebanyakan menggunakan ukuran layar antara 12 sampai 17 inci, dan ukuran dari layar mempengaruhi ukuran keseluruhan laptop. Sebagai tambahan, layar laptop meliputi:
Black-and-white (16 grayscale) or color (65,536 colors)
Matrix aktip atau pasif
Reflective Atau backlit

layar matrix aktip mengeluarkan gambar yang lebih tajam dan lebih mudah dibaca, dan layar backlit menjadi lebih baik digunakan untuk kondisi kurang cahaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar